Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mobil Listrik: Kelebihan, Kekurangan dan 3 Daftar Mobil Listrik Murah di Indonesia

 

(Foto: Pixabay.com)

Otomotif - Saat ini pasar kendaraan listrik sedang ramai dibicarakan di banyak Negara sebagai program mengurangi emisi karbon yang ada di bumi. Dengan adanya program tersebut, potensi kendaraan dengan tenaga listrik mengalami peningkatan salah satunya adalah mobil listrik.

Negara Indonesia berada pada posisi penghasil nikel terbesar, yang mana hal tersebut sangat menguntungkan bagi Indonesia apabila dapat mengelola dengan baik karena peningkatan perkembangan kendaraan listrik.

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menggunakan kendaraan listrik. Lantas kelebihan apa yang menjadikan mobil listrik sebagai kendaraan pilihan yang wajib dimiliki.

Kelebihan yang Didapat Ketika Menggunakan Kendaraan Listrik

Ramah Lingkungan

Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan kendaraan dengan bahan bakar minyak dapat menghasilkan emisi yang buruk kesehatan dan lingkungan. Berbeda dengan kendaraan yang menggunakan bahan bakar listrik, yang sama sekali tidak menimbulkan polusi udara. 

Dengan penggunaan mobil listrik di Indonesia, dapat mengurangi pencemaran udara sebesar 4,6 metrik ton gas rumah kaca. Dan juga penggunaan tenaga listrik yang berasal dari sumber energy terbarukan dapat diperbaharui.

Perjalanan Lebih Mulus dan Nyaman

Kendaraan listrik pada umumnya tidak menimbulkan suara bising saat kendaraan digunakan. Dengan begitu perjalanan anda dapat menjadi lebih nyaman dan tidak terganggu. 

Bahkan saking tidak bersuaranya mobil tersebut, Menteri Perhubungan menerapkan peraturan baru yakni mengharuskan pengguna mobil listrik untuk melengkapi mobilnya dengan speaker yang berfrekuensi 75 desibel.

Perawatan Mobil Mudah

Jika kendaraan berbahan bakar minyak harus rutin untuk dilakukan perawatan pada mesinnya seperti oli, karburator, busi, dan lainnya. Berbeda dengan kendaraan listrik yang perawatannya mudah dan tidak serumit kendaraan lainnya.

Hemat Jangka Panjang

Sebagian besar masyarakat masih belum tertarik dengan penggunaan kendaraan listrik, karena harga jual yang cukup mahal. Akan tetapi perlu diketahui, jika sebenarnya perhitungan mahal tersebut hanya ketika diawal saja. 

Seperti yang kita ketahui, bahwa jika pada kendaraan berbahan bakar minyak bumi harus rutin membeli bahan bakar, kemudian perawatannya yang rutin dan lainnya. Sedangkan kendaraan listrik tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan, karena perawatannya cukup mudah.

 

Kekurangan Kendaraan Listrik

Tempat Pengisian Baterai Listrik Belum Memadai

Seperti yang kita tahu, di Negara Indonesia masih belum banyak penggunaan kendaraan listrik. Dan tempat pengisian daya baterai pun belum cukup memadai. Sehingga cukup sulit jika kehabisan daya di tengah jalan.

Mahalnya Biaya 

Harga jual kendaraan listrik di Indonesia masih terbilang cukup mahal, karena itu peminatnya pun juga masih belum banyak. Seperti contohnya mobil BMW 13, tesla model 3 yang memiliki harga mencapai 1 milyar.

Minimnya Bengkel

Untuk kekurangan yang selanjutnya adalah minimnya tenaga otomotif bagi kendaraan listrik di Indonesia. Sehingga jika terjadi kerusakan pada kendaraan listrik, tidak banyak mekanik yang dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Seperti yang kita tahu dari penjelasan sebelumnya, bahwa harga untuk satu kendaraan listrik masih terbilang cukup mahal di Indonesia. Akan tetapi ada beberapa merk mobil yang memberikan harga yang dibilang cukup murah dan terjangkau.

Daftar Mobil Listrik Murah yang Ada di Indonesia

DFSK Gelora E

Untuk kendaraan listrik yang pertama dan termurah adalah DFSK Gelora E dengan harga sekitar 480 juta hingga 510 juta rupiah. Dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan pesaingnya, mobil ini menawarkan kepraktisan dan fitur yang cukup lengkap.

Hyundai Ioniq

Harga mobil listrik ini mencapai 637 juta sampai 677 juta rupiah. Dilengkapi dengan fitur interior dan eksterior yang lengkap, unik, elegan, dan memukau.

Hyundai Kona Electric

Pada kendaraan ini memiliki harga 697 juta rupiah, lebih mahal dari 2 daftar mobil sebelumnya. Mobil yang satu ini masih satu pabrik dengan Hyundai ioniq, hanya saja fitur yang tersedia pada mobil Hyundai kona electric lebih lengkap dari Hyundai ioniq. 

Demikian tadi pembahasan mengenai mobil listrik, dari beberapa kekurangan dan kelebihannya apakah kamu tertarik untuk memilikinya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu mempertimbangkan pilihan anda dalam memilih kendaraan.

 

 

Posting Komentar untuk "Mobil Listrik: Kelebihan, Kekurangan dan 3 Daftar Mobil Listrik Murah di Indonesia"